Bacaan apa yang dicontohkan ketika hendak makan?

Pendapat Syaikh alAlbani:

Dari Umar bin Tsalabah ra ia berkata :Ketika saya masih anak anak dalam asuhan Rasulullah saw tanganku memilihmilih (makanan) yang ada dalam piring. Kemudian Rasulullah saw bersabda

:“Hai nak, jika kamu makan ucapkan Bismillah dan makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang terdekat denganmu.146

Dalam hadits di atas menunjukkan, bahwa sunnahnya tasmiyah dalam makan hanya dengan Bismillah’ saja.

Dan tidak ada yang lebih baik dari sunnah Nabi saw dan sebaik- baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw. Jika tidak ada riwayat yang pasti mengenai tasmiyah (mengucap nama Allah) ketika makan kecuali hanya Bismillah’ maka tidak boleh menambahkannya, (dengan perkiraan) menambah itu lebih utama daripada hanya Bismillah, karena sesungguhnya perkataan yang demikian berbeda dengan hadits yang kami tunjukkan. Dan sebaik baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad saw.

ashShahihah (1/611612)

146Lihat ashShahihah No. 627

lunbul89 (75 Posts)

Bulun panggilannya, merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Melalui SPMB tahun 2007 Nurul berhasil menjadi mahasiswi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Ia mendapat gelar Sarjana Keperawatan Tahun 2011. Melanjutkan program studi Profesi Keperawatan satu tahun setelah nya hingga meraih gelar Ners. Juli 2012 ia menyudahi rangkaian studi selama 5 tahun. Aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Fakultas, Lembaga dakwah Kampus juga Lembaga Dakwah Fakultas menjadi “tempat belajar” Nurul selama menjadi mahasiswi. Perempuan yang suka membaca buku, menulis, dan membaca puisi ini mengakhiri masa lajang nya dua bulan usai berakhirnya program profesi. Masih berdecak kagum dan bertasbih memuji Tuhan nya ketika dengan sadar bahwa yang menjadi suami nya kini ialah kakak tingkat satu fakultas nya saat menjadi mahasiswi yang meng-ospek angkatan-nya saat tahun 2007 lalu.


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.