Agustus ini (InshaaAllah)

Alhamdulillah sudah genap 37 Weeks usia (calon) keponakan saya. Sebelumnya mendapat amanah dari Mbak Yun untuk mencarikan nama yang baik. Mulai lah mencari lewat google dan juga mushaf, tidak jarang ketika melihat tayangan hafidz indonesia pun ingin menyelipkan nama salah satu peserta nya untuk calon keponakan saya itu.

 

berawal dari pertanyaan saya saat usia kandungan nya mencapai 32 weeks , “Sudah dicariin namanya belum?” , jawaban saat itu masih belum. lalu pernah juga di pekan berikutnya saat saya datang ke rumah Pasar Minggu mbak yun menyampaikan sebuah nama :

” Prabu Lanang  Soelistyo”

” trus, artinya apa? “, Sontak saya tanya balik mbak saya saat itu.

” suka aja sama nama Prabu, kalau Lanang diambil dari bahasa jawa laki-laki , Soelistyo nama panjang mas erwin (suami mbak/ calon ayah)” jawab Mbak Yun.

Hmm.. saat itu juga saya mencoba untuk menyampaikan ketidaksetujuan saya dengan nama yang dipilih. ( iyalah kan tante nya, boleh dong gak setuju :p) tentu dengan bahasa yang baik. Kemudian mengingatkan kembali -juga untuk diri ini kelak- bahwa dalam memberikan nama bagi anak juga termasuk hak anak atas orang tua nya. Nama yang baik lagi bermakna doa untuk anak.

 

Ingat Kisah saat Khalifah Umar bin Khattab didatangi oleh seorang ayah yang putus asa bersama anak yang dianggap durhaka oleh ayahnya? kemudian karena anak ini dianggap durhaka oleh ayahnya, maka Khalifah Umar pun bertanya pada anak tersebut,

“Benarkah apa yang dikatakan ayahmu wahai pemuda?? Dan jika itu benar kenapa kau melakukannya??”.

lalu pemuda tersebut sebelum menjawab pertanyaan khalifah umar, ia menyampaikan sebuah pertanyaan

“Wahai Amirul Mu’minin, bukankah seorang anak memiliki hak atas ayahnya?” Tanya anak itu

“Benar,” jawan Khalifah Umar

“Hak apakah itu, wahai Amirul Mu’minin?” Tanya anak itu lagi

“Ia harus mencarikan seorang ibu yang shalehah untuknya, memberikan nama yang bagus dan mengajarkannya Al-Qur’an,” jawab Khalifah

“Wahai Amirul Mu’minin, sesungguhnya ayahku tidak pernah mengerjakan satupun dari hal-hal yang engkau sebutkan tadi. Ibuku adalah seorang keturunan Afrika yang beragama Majusi, dia memberiku satu nama yang buruk, dia juga tidak pernah mengajarkan Al-Qur’an walau satu huruf,” ungkap sang anak kepada Khalifah Umar

 

Kemudian Khalifah Umar bin Khattab ra berpaling kepada ayah si anak tersebut dan berkata,

“Engkau datang kepadaku mengadukan anakmu yang durhaka, padahal engkau telah mendurhakainya sebelum dia mendurhakaimu, engkau telah berbuat keburukan kepadanya sebelum dia melakukan keburukan itu kepadamu,”

 

Kisah tersebut menjadi pelajaran bagi kita hari ini, bahwa memilih kan nama yang baik bagi anak merupakan hak anak atas orang tua nya. 

Akhirnya kemarin saya dan Mbak Yun mencari nama bersama, Mbak Yun dengan perut  besarnya hanya berbaring sementara saya berada di samping sambil asyik berselancar dengan gadget saya. Ada beberapa nama yang menjadi favorite kami, diantaranya :

1. Kei Hafidzul Mumtaz 

anak  penuh keberkahan yang menjadi seorang penghafal al qur’an yg istimewa

*Kei, diambil dari Bahasa Jepang

2. Umar Kamil Athaya

Umar anugerah/pemberian  yang sempurna

*Umar , diambil dari Khalifah Umar Bin Khattab

3. Bilal Ihsanul Qolbi

Bilal yg memiliki kebaikan hati

*Bilal, diambil dari Muadzin pertama Rasulullah SAW, sahabat yang mempertahankan dgn teguh aqidah, Syuhada saat perang Badr.

4. Ahnaf Ghazi El-Azzam 

Pejuang agama Allah memiliki tekad kuat dan berpegang teguh pada ajaran agamanya

5. Khalil Sabiqurrahman El-Mumtaz

Lelaki yang menjadi kesayangan Allah yang Maha Pengasih, yang utama nan Istimewa.

 

Dari 5 nama itu terpilih lah satu nama,

: Khalil Sabiqurrahman El-Mumtaz

 

Nama yang dipilihkan dengan penuh doa di dalam nya.

Nama yang semoga Allah perkenan dan tuntun ia menjadi sebaik-baik manusia yang  Allah inginkan.

Nama yang semoga menjadi tambahan amal kebaikan bagi kedua orangtua nya kelak .

Semoga Allah kuatkan dan mampukan Mbak yun dalam proses melahirkan, Sehat Selamat untuk Mbak yun dan Khalil nan Shalih.

aamiiiin.

 

– Cilandak, onty menanti kelahiran mu..

 

sumber gambar :  http://www.salamdakwah.com/uploads/dirimg_artikel/mib_201305241521038487_heart_you_berry_much_by_rainbowlullaby.jpg

sumber gambar : http://www.salamdakwah.com/uploads/dirimg_artikel/mib_201305241521038487_heart_you_berry_much_by_rainbowlullaby.jpg

 

lunbul89 (75 Posts)

Bulun panggilannya, merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Melalui SPMB tahun 2007 Nurul berhasil menjadi mahasiswi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Ia mendapat gelar Sarjana Keperawatan Tahun 2011. Melanjutkan program studi Profesi Keperawatan satu tahun setelah nya hingga meraih gelar Ners. Juli 2012 ia menyudahi rangkaian studi selama 5 tahun. Aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Fakultas, Lembaga dakwah Kampus juga Lembaga Dakwah Fakultas menjadi “tempat belajar” Nurul selama menjadi mahasiswi. Perempuan yang suka membaca buku, menulis, dan membaca puisi ini mengakhiri masa lajang nya dua bulan usai berakhirnya program profesi. Masih berdecak kagum dan bertasbih memuji Tuhan nya ketika dengan sadar bahwa yang menjadi suami nya kini ialah kakak tingkat satu fakultas nya saat menjadi mahasiswi yang meng-ospek angkatan-nya saat tahun 2007 lalu.


Tags: , ,

Leave a Reply